Jl. Raya Talu No. 220 Sumberrejo,
Bojonegoro Jawa Timur

+62 353 331610
lp2m@staiattanwir.ac.id

Pembekalan KKN-DR TANGGUH COVID-19 Tema Besar Pelaksanaan KKN STAI ATTANWIR 2020 Di Masa Pandemi

Hits: 102

Kuliah kerja Nyata ( KKN ) merupakan salah mata kuliah  yang  wajib diikuti seluruh mahasiswa STAI ATTANWIR. Kegiatan KKN di masa pandemic covid-19 ini dilaksanakan dengan tema besar KKN-DR TANGGUH COVID-19 atau KKN Dari Rumah Tangguh Covid-19. Jika pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan KKN dengan menempatkan mahasiswa pada daerah pedesan yang tersebar diseluurh wilayah, maka sangat berbeda dengan KKN tahun ini, dimana mahasiswa melakukan KKN dari rumah dan sekitar kampus. Kebijakan ini merupakan kebijakan nasional yang dilakukan pada PTKIN seluruh Indonesia sebagai upaya untuk menekan dan memutus penyebaran covid-19 yang sedang melanda Indonesia termasuk Bojonegoro.

Kegiatan KKN dimulai pada tanggal 6 Agustus 2020 dan berakhir pada 3 September 2020 yang sebelum keberangkatan mahasiswa telah mengkuti acara pembekalan KKN. Tema-tema kegiatan KKN mahasiswa adalah tema yang berkaitan dengan bidang studi namun juga berorientasi pada penanganan dampak covid sehingga masyarakat dapat lebih tangguh.

Dalam acara pembekalan kegiatan KKN Ketua STAI ATTANWIR  menyampaikan apresiasi terhadap LP2M yang sudah mempersiapkan dan merencanakan KKN-DR Tangguh Covid-19 dengan baik. Kepada mahasiswa KKN Ketua menekankan empat hal kepada mahasiswa KKN yakni pertama agar mahasiswa membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan covid-19, melakukan edukasi dan menjadi contoh dalam mengimplementasikan pencegahan penyebaran covid-19, kedua, melakukan penangkalan penyebaran paham radikal, ketiga, melakukan edukasi pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan serta menjadi tauladan yang baik kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Ketua LP2M, Ummi Inayati, M.Pd,  menjelaskan bahwa model KKN-DR Tangguh Covid-19 merupakan kebijakan secara Nasional pada PTKIN se Indonesia. Selain melakukan KKN Dari Rumah, setiap mahasiswa peserta KKN wajib untuk menyampaikan laporan kegiatan setiap hari secara on line kepada dosen pembimbing lapangan masing-masing. Diharapkan dengan adanya laporan setiap hari dosen pembibing lapangan dapat secara terus menerus memantau perkembangan dan memastikan mahasiswa dalam keadaan sehat.

 

Rate this article 0 Vote
ARA

Achmad Riono Asnan

  • Male
Rate this article 0 Vote