Jl. Raya Talu No. 220 Sumberrejo,
Bojonegoro Jawa Timur

+62 353 331610
lp2m@staiattanwir.ac.id

Pembekalan dan Pemberangkatan PPL 2022

Written by Santri PESMA Attanwir

STAI Attanwir - Kamis (27/01/2022) Sekolah Tinggi Agama Islam Attanwir Bojonegoro melaksanakan pembekalan dan Pemberangkatan kepada mahasiswa yang akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2021/2022.

Kegiatan pembekalan diikuti sebanyak 142 mahasiswa yang telah cukup syarat untuk mengikuti PPL tahun 2022, peserta PPL terdiri 4 program studi yaitu program studi Ekonomi Syariah (ES), Bimbingan dan Konseling Islam(BKI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Mereka ditempatkan di tempat PPL yang sesuai dengan masing-masing prodi. Misalnya, di BMT, Bank Syariah, perusahaan swasta, KUA, Pengadilan Agama, lembaga sosial, sekolah MI/SD hingga MA/SMA dan lainnya.

Kegiatan pembekalan dilaksanakan pada pukul 08.00WIB, bertempat di Masjid Kampus STAI Attanwir. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua STAI Attanwir Moch.Bakhtiar, M.Pd., PK I. Drs.H.Sukardi, PK II. Drs. H. Abdul Azis, M.M.Pd. dan PK III. Drs.H.Makhful, M.Pd. Dalam sambutan Ketua STAI Attanwir, beliau menyampaikan bahwa PPL merupakan momentum bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama di bangku kuliah. Selain itu, ada 3 poin penting yang harus dimiliki mahasiswa. Pertama mahasiswa ketika PPL harus kreatif. Kedua, mengunakan kesempatan PPL sebagai sarana membangun jaringan atau koneksi. Ketiga, Membangun kepercayaan kepada masyarakat sekitar.


"PPL ini juga menjadi upaya membangun kepercayaan kepada masyarakat, bahwa mahasiswa STAI Attanwir siap masuk dalam dunia kerja" pungkasnya.

Setelah pembukaan selesai, mahasiswa menerima materi dari dosen dan materi dari para praktisi yang dihadirkan setiap prodi. Materi pembekalan PPL yang diberikan adalah teknik komunikasi dan etika kerja oleh Nur Hidayah, S.E dan Teknik penyusunan laporan oleh Khosip Ikhsan, M.H.I.

Adapun materi keprodian terkait dengan materi mengenai tema-tema kebaruan (novelty) yang nantinya akan diangkat dalam pelaporan PPL berupa artikel ilmiah. Materi yang lain juga diberikan agar mahasiswa dari masing-masing prodi memiliki kemampuan atau bekal yang cukup.

Besar harapan dari PK I H. Sukardi, agar kegiatan PPL ini membawa manfaat bagi pribadi khusunya dan luas bagi masyarakat pada umumnya. Beliau menuturkan untuk selalu semangat, memberikan yang terbaik dan menjaga nama baik almamater.

Category: