Jl. Raya Talu No. 220 Sumberrejo,
Bojonegoro Jawa Timur

+62 353 331610
lp2m@staiattanwir.ac.id

ASAH KEMAMPUAN, MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB PRAKTEK MENGAJAR DI SEKOLAH

Hits: 43

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro mengasah kemampuannya dalam  kegiatan PPL dengan mengajar bahasa arab di berbagai Lembaga Pendidikan yang ada di Bojonegoro. Kegiatan PPL ini merupakan proses penerapan dan peningkatan kemampuan baik secara teori maupun praktek.

 Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 27 Februari menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa untuk menempuh jenjang Sarjana S1 di STAI Attanwir Bojonegoro.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Ibu Nur Laila Rahmawati, M.Pd.I mengatakan bahwa melalui PPL ini mahasiswa mampu memahami kegiatan sekolah baik kegiatan mengajar, kegiatan non akademik, dan banyak lagi yang harus diperhatikan.

"Mengetahui bagaimana sikap seorang guru yang berhadapan langsung dengan siswa dan menjalankan kewajibannya tidak hanya sebagai Pendidik saja, tetapi menyatukan teori dan materi yang telah didapatkan di bangku kuliah untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang lebih baik lagi agar bisa menjawab tantangan zaman" Tambahnya.

 

Mahasiswa dari program pendidikan Bahasa Arab ini berjumlah 29 yang terbagi menjadi 9 kelompok dan mereka ditempatkan di beberapa lembaga pendidikan yang telah bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Lembaga pendidikan tersebut diantaranya MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo, MA Roudhotut Tholibin Balen, MA SA Darul Istiqomah Woro Kepohbaru, MAI Ampel Sumberrejo, MA Annafiah Banjaran Baureno, MTs Plus Sabilun Najah Simo, MA Darussalam Dongmas Sumberrejo, SMK Dirgahayu Kedungadem,  Mts Plus Nabawi Kedungadem yang dijadikan tempat Praktik mengajar Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro.

Diantara kegiatan yang dilakukan mahasiswa ketika PPL adalah mengajar siswa agar terampil berbahasa arab melalui khitobah, qiroatus syi'ir, ghina, pelatihan dan lomba kaligrafi, dll.

Kegiatan PPL ini berjalan dengan baik dan menantang bagi sejumlah mahasiswa, bagi mereka PPL merupakan hal yang belum pernah didapatkan sebelumnya di kampus.

"respon dari siswa yang saya ajar itu mereka gembira dan hal itu membuat saya sangat bersemangat" Kata Fira salah satu peserta PPL mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab. Ada juga siswa yang meminta supaya saya tetap mengajar disitu pungkasnya.

Adapun harapan setelah kegiatan PPL ini mahasiswa bisa memperoleh manfaat, mendapatkan pengalaman mengajar, dan menyiapkan diri menjadi seorang guru bahasa Arab dengan baik di masa mendatang.

Rate this article 0 Vote
SPA

Santri PESMA Attanwir

  • Male
Rate this article 0 Vote